Pengertian dan Sejarah Susur Goa di Dunia

goa pindul yogyakartaSebenarnya apasih susur goa itu? Buat yang sudah pernah melakukan penelusuran goa pasti tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Apalagi di Indonesia terdapat banyak destinasi goa yang sudah populer menjadi tempat wisata. Salah satunya wisata penelusuran goa pindul dengan harga yang terjangkau kamu bisa menikmati wisata susur goa tanpa takut kehabisan ongkos untuk detail harganya ada di http://goapindul.net/harga-ticket-goa-pindul/ sebagai wisatawan yang baik erbekal wawasan itu sangat penting lho sebelum berwisata. Nah berikut akan kami ulas sejak kapan sich kegiatan susur goa itu di mulai? Pengertian dan sejarah susur goa atau yang biasa disebut caving adalah aktivitas di alam terbuka yaitu menyusuri goa. Kata caving sendiri berasal dari kata cave yang artinya goa, sedangkan Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang goa dan lingkungan disekitarnya disebut Speleologi yang berasal dari Bahasa Yunani Spallon yang artinya goa dan Logos yang artinya ilmu. Karena goa tidak terbuat begitu saja dan membutuhkan unsur alam disekitar agar terbentuk, oleh karenanya Speleologi tidak hanya memelajari tentang goa saja, tapi juga unsur alam dan juga makhluk hidup yang ada disekitarnya.

Di Indonesia sendiri kegiatan susur goa mulai populer sekitar tahun 1980an, yaitu saat Specavina (Persatuan Speleologi dan Caving Indonesia) terbentuk di Bogor dengan tokohnya yaitu Dr. Ko King Tjoen, Almarhum Norman Edwin, Dr. Budi Hartono, dan Effendi Soleman. Untuk pengertian dan sejarah susur goa tingkat dunia sendiri, sejarah kegiatan menyusuri goa adalah sebagai berikut :

  1. Penelusuran goa awalnya dimulai oleh John Beaumont pada tahun 1674, seorang ahli bedah yang berasal dari Somerset, England. John hanyalah seorang ahli tambang dan geologi amatir.
  2. Setelah itu goa mulai di deskripsikan pada tahun 1670-1680 dan orang yang telah berjasa dalam mendeskripsikannya adalah Baron Johann valsavor yang berasal dari Slovenia. Ia membuat buku dengan tebal sekitar 2800 halaman yang berisi peta dan sketsa dari 70 gua yang telah ia datangi.
  3. Pada tahun 1747, Joseph Nagel berhasil memetakan sistem pergoaan di kerajaan Artro-Hongaria.
  4. Dan akhirnya seorang pemandu wisata bernama Stephen Bishop membuat goa Mammoth diterima sebagai warisan dunia oleh UNICEF.
  5. Sekarang mulai banyak caver dan juga ilmuwan yang meneliti tentang goa, bahkan yang yang menjadikan kegiatan penelusuran goa sebagai hobi dan juga wisata.

Bila anda adalah salah satu penikmat susur goa, paling tidak anda harus mengetahui pengertian dan sejarah susur goa, karena tanpa adanya sejarah kegiatan caving itu mungkin sekarang tidak akan pernah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *